Monday, September 17, 2007

tugas ketiga

Pengaruh Teknologi tinggi dalam kultur kita:

Film :

1.

A.I.

Film ini bercerita tentang masa depan, dimana pelayan jadi robot, satpam jadi robot, dan robot jadi banyak :). pada masa ini, sumber daya alam telah menjadi sebegitu langkanya sampai-sampai untuk menciptakan konsumen baru pun (baca: anak), diperlukan persetujuan dari pemerintah.

Teknologinya: untuk “mengakali” peraturan tersebut, diciptakan robot anak bagi orangtua-orangtua yang ingin merasakan punya anak tapi tak punya izin.

Film yang bagus dan menyentuh. Berhasil memvisualisasikan robot yang tangguh, keren, tapi rapuh.
2.

.hack//

Sebuah game online berjudul “The World” baru dirilis. Game revolusioner ini mampu membawa kesadaran pemainnya ke dalam dunia maya dengan perantara kacamata khusus. Meski telah dirancang sesempurna mungkin, kecelakaan mulai terjadi. “Seorang” NPC (Non-Playable Character) misterius bernama Aura muncul, seorang pemain terjebak dalam permainan dan tidak bisa log-out.

Teknologinya: Imajinasi yang “wah” dari bentuk eksterm sebuah game.
3.

Anak Ajaib

Film asli Indonesia yang berkisah seorang ayah yang ditinggal oleh anak laki-lakinya yang meninggal dunia. Sang ayah pun berusaha “menghidupkan” kembali anaknya dengan menciptakan robot canggih dengan visualisasi almarhum anaknya. Berbagai kisah yang dilalui robot cerdas itu terekam dalam serial tv ini.

Teknologinya: Ya robot itu. Yang canggih itu. :)
Lirik :

1. SMS

Bang, SMS siapa ini bang

bang, isinya banyak sayang-sayang

dst.

Lagu beraliran dangdut ini secara terang-terangan menunjukkan betapa budaya ber-SMS telah begitu meresap pada kultur kita. Bercerita tentang sebuah perselingkuha yang terbongkar karena sebuah SMS.



2. Radio

Di radio aku dengar lagu kesayanganku



Lagu klasik tempo dulu yang sampai sekarang pun rasanya masih sering terdengar. Bercerita tentang masa ketika radio masih menjadi favorit sebagian besar penduduk Indonesia.

3. Supermassive Blackhole
4.

Glaciers melting in the dead of night
And the superstars sucked into the supermassive

Liriknya sendiri sudah cukup menggambarkan suasana sebuah “supermassive blackhole”

Buku:

1.

Digital Fortress

Berlatar belakang NSA dan superkomputernya. Bercerita tentang kejar-kejaran otak dalam usaha menyelamatkan data-data milik NSA serta mengungkap “mitos” algoritma anti brute-Force.

0 komentar: