Monday, September 17, 2007

tugas pertama

Apa itu engineer? Apa itu teknologi? Apa bedanya dengan teknik?

Coba kita lihat teknologi. Teknologi menurut Webster adalah studi tentang seni industri, sains terapan, dll. Teknologi sebagai studi dikatakan berupaya mencapai tujuan universal semua disiplin ilmu yang ada: for a better life. Tujuan yang klasik, yang sebenarnya tidak terlalu menggambarkan apa itu teknologi. Mungkin bisa kita lihat dari produknya? Hampir semua yang bisa kita lihat kecuali tanah, daun, dan air adalah hasil teknologi. We live in a man-made world. Televisi, kompor gas, komputer, ponsel, mobil, rumah, sekolah, pesawat, nuklir, semua adalah keturunan langsung teknologi. Apa kehidupan kita lebih baik dari masa sebelum hal-hal itu tercipta? Pasti ada bagian dari hidup ini yang menjadi lebih baik, dan ada pula sebaliknya.

Teknologi telah berhasil “menggeser” mata air dari pegunungan ke kota dengan pipa, api dari sumber api abadi ke rumah-rumah dengan kompor gas, dan masih banyak lagi. Hal yang wah, yang dulu hanya angan-angan, yang kini digunakan untuk kehidupan yang lebih baik.

Masyarakat sekarang mempunyai rumah sakit canggih dengan fasilitas lengkap, tapi kenapa rata-rata angka harapan hidup sekarang terus menurun? (Beneran gw jg ga tau, klo ada yg tau tolong kasih tahu ok). Masyarakat sekarang sudah makmur dan teratur dengan baik, tapi orang-orang antisosial dan individualis makin banyak bermunculan. Dan apakah juga baik bila kehidupan yang serba modern, mudah, dan teratur ini lalu membunuh naluri para naturalis, naluri berjuang? Orang-orang yang terkekang dengan modern society yang menuntut keseragaman berpikir, berpenampilan, bertindak? Karena semua ini tak lepas dari “sponsor” kita, teknologi.

Bagaimana dengan teknik? Teknik sendiri, menurut definisi pribadi, adalah cara-cara untuk “menciptakan” teknologi. Jalan menuju teknologi, yang akhirnya menjadi teknologi. Sekarang sudah banyak sekali cabang-cabang teknik ini. Semua dengan jalurnya masing-masing untuk terus berusaha memperbaiki dunia. Semua punya angan-angan dunia ideal masing-masing, lagi-lagi untuk hidup yang lebih baik. Sehingga gw sampai pada satu pemikiran, teknologi dan teknik hanyalah benda mati, yang menghidupkan adalah engineer.

You are what you think you are. Sebelum menjadi engineer, seseorang harus tahu apa itu engineer, atau lebih jelasnya lagi ingin menjadi engineer seperti apa dia?
Engineer adalah perekayasa. Kata ini mungkin terdengar wah, walau pada praktiknya kita semua adalah engineer. Karena menginginkan hidup yang lebih baik, kita merekayasa. Kita mereka-reka hubungan timbal-balik, sistem, lingkungan, sampai pada tahap saling menguntungkan dan saling percaya.

Dihitung-hitung, kira-kira enam kali tujuan teknologi disebut-sebut: for a better life. Mungkinkah memang ini tujuan sebenarnya para engineer? :)

Jadi, apa itu engineer? Teknologi? Teknik? :)

0 komentar: